Cara merawat kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak penggemar dan tak heran jika banyak orang yang ingin memiliharanya. Hewan ini tidak hanya lucu tetapi juga menggemaskan, tetapi meskipun demikian, apakah anda mengetahui bagaimana cara merawat kucing?

Setiap hewan, termasuk kucing memiliki sensitivitas yang berbeda-beda dan jika anda ingin memeliharanya, mau tidak mau harus memahami mengenai hal tersebut. Terlebih bagi anda yang pemula dan sebelumnya anda belum pernah memelihara hewan jenis apapun. Jika anda ingin sukses menjadikan kucing hewan peliharaan anda, memang ada baiknya terlebih dahulu memahami beberapa hal yang berhubungan dengan cara merawat hewan yang lucu ini.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan info mengenai beberapa halyang perlu anda perhatikan dalam cara merawat kucing. Apabila anda tertarik atau salah satu orang yang memang berencana untuk memelihara kucing, silahkan anda simak uraiannya di bawah ini.

Cara merawat kucing

1. Jangan berikan makanan anjing

Banyak orang yang menganggap bahwa kucing dan anjing dapat diperlakukan sama termasuk dalam hal makanan. Padahal nutrisi yang dibutuhkan kucing tidak sama dengan nutrisi yang dibutuhkan anjing. Kucing membutuhkan taurin untuk mencegah dari penyakit jantung dan juga penglihatan yang kabur tetapi sayangnya pada makanan anjing tidak terdapat taurin sehingga tidak cocok jika makanan anjing anda berikan untuk kucing anda.

2. Perhatikan umur kucing

Anda perlu tahu mengenai umur kucing yang akan anda pelihara. Hal ini karena perbedaan umur dapat mempengaruhi nutrisi yang diberikan. Anak kucing membutuhkan nutrisi hampir dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan kucing dewasa. Namun, hal ini bukan berarti anda harus memberi makanan untuk anak kucing dengan jumlah dua kali lipat, yang perlu untuk anda perhatikan adalah jumlah kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Setelah anak kucing berusia 5-6 minggu, anda dapat memberikan makanan secara rutin hingga 4 kali dalam sehari.

3. Memandikan kucing

Untuk menjaga kebersihan dari bulu kucing, anda harus rutin memandikannya. Namun, anda cukup memandikan jika memang bulu kucing anda sudah mulai muncul bau tidak sedap. Selama bulu kucing anda belum muncul bau yang kurang sedap, sebaiknya jangan mandikan karena justru hal ini dapat merusak bulu kucing anda. Satu hal lagi yang perlu untuk anda perhatikan yaitu jangan memandikannya dengan air panas, cukup gunakan air dingin saja.

4. Sikat bulu kucing secara rutin

Dengan menyikat secara rutin, anda dapat membantu menghilangkan bulu mati dan juga kuman yang terdapat pada bulu kucing.

Nah, itulah beberapa hal dasar yang perlu untuk anda perhatikan dalam cara merawat kucing. Selain dengan cara di atas, anda juga harus mencoba untuk mengajarkan kucing anda mengenai kebiasaan sehari-hari dan sesekali mengajaknya bermain. Semoga bermanfaat.

Cara merawat kucing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ibu siti Sofiati

1 comments: