cara merawat bayi

Merawat bayi pada dasarnya bukan hal yang sulit terlebih jika anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya atau dengan kata lain untuk bayi anak kedua. Namun, bagi anda yang baru saja memiliki bayi sebagai anak pertama tentu merasa kewalahan karena masih bingung dengan beberapa cara merawat bayi. Beruntung jika anda tinggal bersama orang tua atau mertua anda, di mana mereka tentu sudah terbiasa mengurus bayi.

Bagi ibu baru, merawat bayi dapat anda jadikan sebagai sarana belajar. Hal ini penting untuk anda perhatikan dan memang membutuhkan belajar karena jika anda melakukan kesalahan dalam merawat bayi, tentu dampaknya akan anda tanggung atau bahkan anak anda. Namun, saat ini sduah banyak panduang mengenai cara yang harus anda lakukan dalam merawat bayi dan tentunya hal ini akan semakin mempermudah anda.

Adapun beberapa cara merawat bayi yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Pilek

Apabila bayi anda sedang mengalami gangguan kesehatan yaitu pilek, anda harus memberikan cairan untuk tubh anak anda secara terus-menerus. Hal ini dapat membuat anak anda terhindar dari adanya dehidrasi dan jika memang asupan cairan utama anak anda adalah ASI, berikan secara terus-menerus ASI tersebut. Selain dengan memberikan cairan, anda juga dapat membantu mengeluarkan lendir berlebih dari dalam hidung dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi hingga maksimal pukul 09.00. Dengan menjemur anak anda di pagi hari, selain dapat membantu mengatasi pilek juga baik untuk kesehatan tulang.

2. Mata lengket

Wajar jika anak anda sering mengalami mata lengket. Jika hal ini terjadi pada buah hati anda, tidak perlu merasa khawatir karena anda cukup mengatasinya dengan membasuhkan kapas yang sudah anda basahi dengan air matang dan usahakan yang hangat. Bersihkan bagian mata bayi anda dengan gerakan dari hidung ke mata, jika hal ini tidak dapat membuat mata anak anda terbuka dan masih tetap lengket, sebaiknya anda hubungi dokter.

3. Bau mulut

Perlu untuk anda ketahui, biasanya jika bayi sudah mulai ngiler dan tumbuh gigi, masalah bau mulut sulit untuk dicegah. Apabila hal ini terjadi pada anak anda, anda cukup membersihkan mulut setelah minum susu menggunakan sikat berbulu halus atau dengan jari yang anda lapisi dengan kain halus yang terlebih dahulu anda basahi.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam cara merawat bayi. Selain beberapa masalah di atas, masalah sembelit dan juga diare tak jarang menyerang bayi anda. Jika bayi anda mengalami sembelit dan masih anda berikan ASI eksklusif, sebaiknya anda sebagai ibu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sedangkan jika bayi anda mengalami diare, mungkin saja bayi anda mengalami alergi protein susu sehingga anda perlu selektif dalam memberikan susu tambahan.

cara merawat bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ibu siti Sofiati

0 comments:

Post a Comment